Instagram

Translate

Wednesday, August 03, 2011

Visa Credit Card and Surcharge

It is said, Visa prohibit merchants from adding a surcharge to credit card purchases.

However when I paid my hotel bill last month when I stayed in Bali, the merchant The Alit Hotel still added a surcharge amounted  to 3% of the hotel fee. Only The Alit did so. Oher hotels where I also stayed for few days such as The Oasis, didn't do that.

So, Visa how will you explain this matter?

detik Finance : Visa 'Haramkan' Surcharge Dalam Setiap Transaksi Kartu Kredit

PT Visa Worldwide Indonesia (Visa) memastikan tidak ada biaya tambahan alias surcharge di setiap transaksi kartu kredit yang berlogo Visa. Visa memastikan surcharge merupakan hal yang 'haram' dilakukan merchant.

Demikian disampaikan oleh Presiden Direktur Visa Ellyana Fuad ketika ditemui disela acara peluncuran aplikasi m-saku di Plaza Senayan, Sudirman, Jakarta, Selasa (2/8/2011).

"Visa itu menjamin bahwa surcharge tidak diperbolehkan sesuai Peraturan Bank Indonesia (PBI)," jelas Ellyana.

Menurut Ellyana, seluruh nasabah yang memegang kartu kredit berlogo Visa jika berbelanja diseluruh merchant manapun tidak dikenai biaya tambahan.

"Kita menghimbau nasabah bisa menolak jika dibebankan surcharge karena itu tidak boleh dan dilarang BI," terangnya.

Terbitkan Layanan m-saku

Pada kesempatan yang sama Visa bersama pengembang aplikasi Vitta Parama Udaya meluncurkan aplikasi pembayaran melalui telepon genggam pertama di Asia Tenggara.

Presiden Direktur Visa Ellyana Fuad mengatakan saat ini Indonesia memiliki pasar yang sedang berkembang dan semakin terkoneksi.

"Setengah dari jumlah populasi Indonesia berusia dibawah 45 tahun dan lebih dari 80% atau hampir 200 juta orang memiliki telepon genggam," ujar Ellyana.

Pengguna telepon genggam, sambung Ellyana membutuhkan aplikasi untuk pengisian pulsa dan berbelanja dengan cepat. Visa dan Vitta Parama Udaya mengembangkan aplikasi tersebut melalui sebuah program di telepon genggam dengan nama m-saku.

"Nantinya m-saku dapat menawarkan layanan isi ulang pulsa bagi seluruh operator kemudian penawaran harga eksklusif atau hot deals dari merchant yang tergabung dari m-saku. Dan belanja melalui telepon genggam dan fitur pembayaran lainnya," papar Ellyana.

Ditempat yang sama Vice President Bussines Development Vitta Parama Udaya, Hendra mengatakan beberapa merchant yang tergabung dari m-saku antara lain Indomaret, Prudential, TX Travel dan Raja Karcis.

No comments:

Post a Comment