My other pages

Friday, April 20, 2007

bandung-euy : Message: 8 Tips Mengirim Lamaran Pekerjaan Lewat Email

bandung-euy : Message: 8 Tips Mengirim Oleh: Togap Siagian Makin banyak perusahaan yang membolehkan para calon karyawan untukmengirimkan lamarannya lewat email. Hal ini tentunya menguntungkanbaik bagi perusahaan maupun pelamar. Bagi perusahaan, ini akanmengurangi jumlah surat lamaran dalam bentuk kertas yang harus merekaterima dan arsipkan. Selain itu, lebih mudah bagi perusahaan untukmem-forward surat lamaran berbentuk email ke para usernya.Bagi calon karyawan, ini akan menolong mereka untuk mengirimkanlamaran secara cepat. Jika Anda mengirimkan lamaran ke banyakperusahaan, dengan mudah Anda dapat mengkopi email lamaran Andasebelumnya dan menyesuaikannya.Tentu saja semua tips umum menulis surat lamaran tetap perlu diikuti. 1. Email Account Yang Mana?Tentu saja sedapat mungkin Anda harus menggunakan email accountpribadi Anda. Alamat email gratis atau berbayar sama saja. Yangpaling pentig, jangan sekali-kali menggunakan alamat email kantoruntuk mengirimkan email lamaran Anda. Selain tidak etis bagi tempatkerja Anda, ini juga mungkin akan menimbulkan pertanyaan yang tidakperlu dari perusahaan yang akan menyeleksi lamaran Anda. 2. Judul EmailJudul email Anda haruslah menolong penerimanya untuk segeramengetahui maksud dari email Anda. Karena itu tuliskan judul yangjelas tetapi singkat. Sebagai contoh, Anda dapat menuliskannyasebagai berikut "Lamaran untuk Posisi Manajer Pemasaran".Catatan: Baca dengan baik iklan lowongan kerja tersebut. Sering kalimereka meminta Anda menuliskan kode tertentu di judul atau subjectemail Anda. Terutama jika pada saat yang bersamaan mereka mempunyaibeberapa lowongan pekerjaan. 3. Dimana Surat Lamaran Ditulis?Sering kali kita bingung apakah perlu menuliskannya di badan emailatau di file tersendiri. Menurut teman saya yang bekerja di bidangrecruiting sebuah perusahaan multinational, Anda dapat menuliskansurat lamaran (cover letter) Anda di badan email. Artinya, perusahaantetap akan menerima surat lamaran Anda dengan baik. Pengalaman saya,tidak pernah ada perusahaan yang menolak lamaran yang suratnyadituliskan di badan email. 4. Bagaimana dengan Resume?Jangan menulis resume Anda di badan email. Tuliskan dalam filetersendiri dan jadikan sebagai lampiran email Anda. 5. Word, PDF, atau Text?Biasanya perusahaan akan menuliskan pada iklan lowongan kerja jenisfile yang bisa Anda kirim. Walaupun umumnya meminta file MS Word,terkadang mereka mengijinkan Anda untuk mengirimkan file berformatpdf. Jika tidak disebutkan, kirimkan resume Anda dalam file MS Word(.doc).File text (ekstension .txt) lebih baik tidak digunakan karena padasaat dikirim dengan email, file tersebut terkadang muncul di badanemail. Ini terutama jika Anda menggunakan email gratis di Web,seperti Yahoo!, Gmail, atau Hotmail. 6. Ukuran EmailUsahakan ukuran email Anda tidak melebihi 300 kb. Ukuran email initerutama dipengaruhi oleh ukuran file yang di-attach. Karena ituperiksa besar file yang Anda lampirkan. Jika Anda diminta menyertakanfoto, jangan masukkan file foto yang terlalu besar. Perkecil ukuranyadengan menggunakan berbagai jenis program photo editor. 7. Email SignatureEmail signature adalah text yang dituliskan secara otomatis olehprovider email Anda. Signature ini bisa Anda program sendiri, ataubagian dari iklan untuk penyedia jasa email tersebut. Adanyasignature ini mengurangi kesan profesional pada lamaran Anda.Email web gratis seperti Yahoo! dan Hotmail menambahkan signature inisecara otomatis pada semua email yang mereka kirim. Sedangkan Gmailtidak. Inilah alasan pertama saya memilih Gmail untuk mengirimkanlamaran-lamaran saya.8. Test KirimUntuk surat lamaran yang dikirim lewat email, selain melakukan proofread, Anda juga perlu melakukan test pengiriman. Lakukan ini denganmengirimkan email lamaran Anda, lengkap dengan attachment-nya keemail lain. Tentunya jangan kirimkan email percobaan tersebut keemail perusahaan yang Anda tuju. Kirim ke alamat email lain yang Andapunya. Jika Anda hanya mempunyai satu alamat email, Anda bisa membuatalamat email baru di Yahoo!, Gmail, atau Hotmail.Apa pentingnya langkah ini? Sering kali format email yang Anda kirimberubah setelah sampai di alamat email lain. Saat mengirimkan emaildari Yahoo! ke Gmail, saya perhatikan spasi email saya berubah darisatu menjadi dua. Tapi sebaliknya, email yang saya kirim dari Gmailke Yahoo! tidak berubah formatnya. Ini alasan kedua saya menggunakanGmail untuk mengirimkan lamaran saya. (tmps)Baca tips melamar pekerjaan lainnya hanya di:http://www.lowongan-kerja.infoLamaran Pekerjaan Lewat Email

No comments:

Post a Comment